Fungsi dan Manfaat Google Search Console Untuk Blog, Serta Cara Daftarnya

Fungsi dan Manfaat Google Search Console Untuk Blog, Serta Cara Daftarnya

Carcir | Assalamualaikum Sobat Blogger, dalam pembahasan ini, saya akan memberikan Informasi seputar Google Webmaster Tools, yaitu Search Console. 


Mungkin didunia blogger masih ada Sobat yang bingung mengenai :
  • Apa itu Google Search Console
  • Cara daftar google search console 
  • Apa Fungsi dari Google Search Console
  • Apa saja Manfaat menggunakan Google Search Console

Dengan Poin-poin diatas saya akan bahas satu per-satu mengenai Google Search Console, saya harap setelah membaca artikel ini Sobat bisa sebagaimana cara menggunakan search console dengan baik.

Apa itu Google Search Console?

Google Search Console adalah layanan gratis yang diberikan oleh Google untuk membantu Sobat memantau kinerja situs serta mempertahankan keberadaan situs di mesin pencari Google.

Cara Daftar Google Search Console

Buka Google Search Console atau Klik ini

Klik Gambar Untuk Memperjelas

Cara Daftar Google Search Console
isi form tersebut dengan alamat situs/ blog Sobat.


Cara Daftar Google Search Console
Verifikasikan blog Sobat,

Jika menggunakan Platform Blogger langsung ke metode alternatif dan pilih tag HTML

Copy meta tag tersebut lalu masuk ke template lalu Edit HTML selanjutnya paste meta tag dibawah <head> 

Klik Simpan


Cara Daftar Google Search ConsoleSetelah itu, kembali ke Google Search Console, kemudian klik Verifikasi, Jika Berhasil akan seperti digambar

Setelah verifikasi berhasil, Sobat sudah terdaftar di Google Search Console.

Apa Saja Fungsi Google Search Console?

Google Search Console berfungsi sebagai perantara untuk mengoptimalkan situs pada search engine google, agar situs atau blog yang kita miliki selalu ter-index dengan baik oleh mesin pencari google.

Fungsi Lengkap Google Search Console:

1. Search Appearance (Tampilan Penulusuran)

1. Search Appearance (Tampilan Penulusuran)

Menu ini berkaitan langsung dengan bagaimana situs Sobat tampil di halaman pencarian Google. Dalam menu ini terdiri dari beberapa sub-menu yang penting diantaranya

Structured Data (Data Terstruktur)

Sub-Menu ini berfungsi menampilkan data ter-struktur dari situs/ blog Sobat yang terdeteksi oleh Google. Jika ada halaman dengan data ter-struktur yang error, maka akan otomatis ditampilkan di sub-menu ini.

HTML Improvements (Penyempurnaan HTML)

Sub-menu Penyempurnaan HTML memnunjukan masalah apa saja yang terjadi di situs/ blog Sobat ketika robot Google melakukan perayapan dan pengindeks-an.

Accelerated Mobile Pages (Laman Seluler yang Dipercepat)

Laman Seluler yang Dipercepat (Accelerated Mobile Pages) atau biasa disingkat AMP, sub-menu ini berfungsi untuk membuat situs/ blog menjadi lebih ringan dan cepat ketika diakses dari perangkat mobile.

2. Search Traffic (Lalu Lintas Penulusuran)


2. Search Traffic (Lalu Lintas Penulusuran)Menu ini berkaitan langsung dengan situs/ blog sboat, mulai dari trafik, backlink, internal link dan sebagainya. Dalam menu ini juga terdiri beberapa sub-menu, sub-menu yang penting diantaranranya

Search Analytics (Telusuri Analytics)

Sub-menu ini adalah salah satu fitur paling penting yang ada di Google Search Console. Di fitur ini Sobat bisa memantau data statistik kunjungan (trafik) yang masuk ke situs/ blog, mulai dari kueri atau kata kunci yang digunakan pengunjung, jumlah klik, hingga posisi/peringkat website Anda di search engine untuk tiap-tiap kata kunci yang dipakai pengunjung organik.

Manual Actions (Tindakan Manual)

Sebaiknya Sobat berdoa agar isi dari sub-menu ini selalu kosong. Karena jika ada peringatan tindakan manual disini, berarti situs/ blog Sobat tercemar webspam dan harus siap membersihkannya agar terhindar dari pelanggaran penalty.

3. Google Index (Google Indeks)


3. Google Index (Google Indeks)Google Indeks adalah menu yang menampilkan berbagai macam data dari hasil perayapan dan pengindeks-an bot Google di situs/ blog Sobat.

Menu ini terdiri dari 3 sub-menu, dimana 3 sub-menu tersebut sangat penting dan berguna, 3 sub-menu diantaranya

Index Status (Status Indeks)

Sub-menu ini menampilkan jumlah halaman di website Anda yang sudah di rayapi Google. Disini Sobat juga bisa melihat jumlah halaman yang dicekal oleh robot.txt.

Blocked Resources (Sumber Daya yang Diblokir)

Sub-menu ini menampilkan sumber daya yang diblokir di situs/ blog Sobat (dari robots.tx) seperti javascript, CSS, JQuery, file image dan lainnya.

Remove URLs (Hapus URL)

Sub-menu ini menampilkan sumber daya yang diblokir di situs/ blog Sobat (dari robots.tx) seperti javascript, CSS, JQuery, file image dan lainnya.

4. Crawl (Perayapan)


 4. Crawl (Perayapan)Menu ini berfungsi untuk menampilkan segala hal yang berkaitan dengan perayapan yang dilakukan oleh robot Google di situs/ blog Sobat.

Menu Perayapan ini terdiri dari beberapa sub-menu, sub-menu yang penting dan berguna adalah, diantaranya

Crawl Error (Kesalahan Perayapan)

Sub-menu ini berfungsi untuk menampilkan data kesalahan yang terjadi di situs/ blog Sobat ketika robot Google melakukan perayapan dalam kurang lebih 90 hari terakhir.

Fetch as Google (Ambil Sebagai Google)

Sub-menu ini berfungsi untuk menampilkan bagaimana cara robot Google (Googlebot) merayapi dan merender (menyajikan dalam bentuk visual) website Anda.

Sub-menu ini sering digunakan para blogger lainnya untuk mempercepat pengindeks-an situs/ blog mereka.

Sitemap (Peta Situs)

Sub-menu ini berfungsi untuk mengirim peta situs (sitemap) agar Googlebot lebih mudah menemukan halaman-halaman baru di situs/ blog Sobat.

Apa Saja Manfaat Menggunakan Google Search Console?

Mungkin didunia blogger masih ada yang bertanya-tanya, apasih keuntungan menggunakan Google Search Console untuk Blog?, pertanyaan tersebut akan saya bahas selanjutnya.

1. Google Search Console Menyediakan Fasilitas yang Gratis

Google Search Console memungkinkan Sobat untuk mengatur sasaran pembaca sesuai dengan keinginan, URL parameter, tautan situs serta perubahan alamat dan masih banyak lagi.

2. Memberikan Informasi Aktivitas Situs/ Blog Sobat

Sobat dapat mengetahui aktivitas apa saja yang ada di dalam situs/ blog Sobat, mulai dari mengetahui URL yang sudah terindeks, kesalahan perayapan, kata kunci, backlink, dan masih banyak lagi.

3. Membantu Menangani Masalah Duplicate Content

Konten duplikat umumnya mengacu pada konten yang berada di dalam atau di seluruh domain yang sama-sama cocok dengan konten lainnya atau sama-sama serupa. Dengan ini Sobat dapat menanganinya lewat Google Search Console.

Sekian, semoga artikel Fungsi dan Manfaat Google Search Console Untuk Blog, Serta Cara Daftarnya bermanfaat untuk Sobat blogger yang baru belajar nge-blog. Wassalamualaikum

Post a Comment

Previous Post Next Post